share

Microneedling untuk Stretch Mark; Apakah Berhasil?

Last updated: 25 Feb 2024
82 Views
Microneedling untuk Stretch Mark; Apakah Berhasil?

Stretch marks adalah garis-garis yang muncul di kulit akibat kerusakan kolagen kulit dengan variasi ukuran dan warna. Biasanya stretch marks terdapat pada paha, bokong, dan perut. 

Banyak wanita dan beberapa pria memiliki stretch marks. Kondisi medis yang tidak berbahaya tapu mengurangi percaya diri.

Ada prosedur operasi plastik yang mengurangi stretch marks tapi memiliki resiko yang tinggi dan memerlukan waktu pulih yang cukup lama, dan juga biaya yang tinggi. Perawatan paling aman untuk stretch marks adalah lotion dan krim, tapi hal tersebut tidak selalu memberikan hasil yang dibutuhkan.

Di antara kedua prosedur tersebut, ada pilihan prosedur yaitu microneedling yang dapat membantu mengurangi stretch marks. 

Bagaimana cara kerja microneedling untuk stretch marks?

Microneeling adalah prosedur yang memberikan hasil yang sangat bagus untuk stretch mark karena menginduksi terbentuknya kolagen. Jarum kecil yang digunakan di prosedur microneedling tidak akan merusak kulit, melainkan akan menstimulasi penyembuhan natural pada kulit dengan membentuk serat kolagen baru.

Berikut proses penyembuhan natural yang terjadi akibat microneeling;

1. Proses peradangan (inflamasi)
Tubuh akan merespon luka yang diakibatkan oleh jarum-jarum kecil yang terdapat di microneedling, menyebabkan peningkatan aliran darah, mengaktifasi sel imun, mengurangi kerusakan jaringan. Proses ini terjadi selama seminggu.

2. Proses proliferasi
Setelah proses peradangan (infalamasi), tubuh meningkatkan pembentukan kolagen dan elastin untuk membantu membangun kembali jaringan yang baru pada area tubuh yang dilakukan microneedling.

3. Proses pembentukan jaringan (remodeling)
Setelah proses proliferasi, terbentuklah jaringan baru yang sudah matang dan kuat menghasilkan kulit yang lebih lembut dan kencang. Dan hasil dari proses ini bertahan beberapa bulan bahkan tahun.

Kolagen baru yang terbentuk akan mengisi garis stretch marks, dan memperbaiki penampilan garis tersebut. Namun, prosedur ini tidak cukup dilakukan hanya sekali, melainkan harus dilakukan beberapa kali untuk mencapai hasil sebaik mungkin.

Related Content
Mengeksplorasi Manfaat Kosmetik Medis Penggunaan Botox
Botox, atau disebut juga botulinum toxin type A, telah menjadi salah satu perawatan kosmetik medis yang paling populer dan aman
15 May 2024
Mengenal Prosedur Treatment Botox Brow Lift
Botox Brow Lift / pengangkatan alis dengan botox adalah prosedur injeksi yang melibatkan penggunaan Botox, suntikan neurotoksin Botolinum toxin.
16 Mar 2024
Mengenal Perawatan Microneedling di Klinik Kecantikan
Microneedling adalah prosedur kosmetik non-invasif yang menggunakan jarum-jarum kecil untuk membuat mikro-perforasi di permukaan kulit.
13 Mar 2024
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Privacy Policy and Cookies Policy
Compare product
0/4
Remove all
Compare
Powered By MakeWebEasy Logo MakeWebEasy